Syarat dan Ketentuan

Pusat Bantuan Smartwork
Syarat dan Ketentuan Penggunaan Aplikasi Smartwork

Selamat datang di Smartwork. Terima kasih telah mengunduh dan mengunjungi aplikasi Smartwork. Sebelum mengakses dan/atau menggunakan Layanan yang ada di dalam situs dan/atau Aplikasi lunak Smartwork, pastikan Anda membaca dengan cermat dan hati-hati Syarat dan Ketentuan Penggunaan Situs dan Aplikasi Lunak Smartwork ("Syarat dan Ketentuan") yang ada di halaman ini.

Dengan mengunduh dan/atau menggunakan aplikasi Smartwork, Anda setuju bahwa Anda telah membaca, memahami, menerima dan menyetujui serta terikat seccara hukum pada Syarat dan Ketentuan ini dan dokumen-dokumen lain sehubungan dengan itu. Jika Anda tidak menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, mohon tidak mengakses Situs dan menggunakan Layanan Smartwork.

Syarat dan Ketentuan dalam dokumen ini menggambarkan dan menetapkan ketentuan yang mengendalikan serta mengatur hubungan hukum antara PT. Asta Pijar Kreasi Teknologi sebagai penyedia Layanan dan aplikasi Smartwork dan Anda atau User sebagai pengguna Smartwork.

Anda harus membaca Syarat dan Ketentuan dengan hati-hati dan tidak harus menerima Syarat dan Ketentuan atau mendaftar, mengakses atau menggunakan Layanan kecuali Anda setuju dengan Syarat dan Ketentuan ini.

1. Informasi Umum

Penyedia Layanan
Penyedia Layanan adalah PT. Asta Pijar Kreasi Teknologi, sebuah perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia, sebagai perusahaan pemilik dan penyedia aplikasi berbasis cloud untuk mengelola sumber daya manusia, yaitu Smartwork, yang dapat diakses melalui https://www.smartwork.id/ ("Situs") dan diunduh melalui Play Store.

Layanan
Layanan adalah Layanan yang tersedia dalam aplikasi Smartwork yang terdiri dari pemantauan kehadiran karyawan, pemantauan lokasi absen, penggunaan sistem deteksi biometrik, pencatatan dan penghitungan jam lembur, pemantauan jam jadwal kerja, dan reimbursement.

User
User atau Anda merupakan pengguna Layanan dan aplikasi Smartwork yang sesuai dengan konteksnya terdiri dari:

  1. Setiap orang yang mengakses Situs atau mengunduh aplikasi Smartwork;
  2. Perusahaan, yaitu merupakan badan usaha yang mendaftarkan badan usahanya pada sistem Smartwork; atau
  3. Karyawan, yaitu tenaga kerja yang didaftarkan oleh Perusahaan untuk diikutsertakan dalam Smartwork.

Hak Kekayaan Intelektual termasuk namun tidak terbatas pada hak cipta dan merek, baik yang terdaftar maupun tidak.

Waktu Kerja
Waktu Kerja adalah hari saat Penyedia Layanan melakukan kegiatan operasionalnya, yaitu Hari Senin hingga Jumat, kecuali libur nasional/publik, pukul 09.00-17.00 WTA.

Tagihan
Tagihan adalah dokumen yang menuliskan sejumlah biaya yang harus dibayar oleh Perusahaan yang terdiri dari:

  1. Tagihan Layanan Awal adalah tagihan yang harus dibayarkan User pada saat pertama kali mendaftar di Smartwork sesuai dengan harga berdasarkan kuota dan jangka waktu Layanan yang dipilih oleh User atau 5 (lima) hari sebelum jangka waktu Layanan Percobaan habis sebagai bentuk penawaran kepada User untuk berlangganan Smartwork;
  2. Tagihan Perpanjangan adalah tagihan yang muncul selambat-lambatnya 5 (lima) hari sebelum jangka waktu Layanan yang digunakan User berakhir. Apabila User melakukan pembayaran atas Tagihan Perpanjangan, berarti User setuju untuk memperpanjang penggunaan Layanan untuk 1 (satu) bulan berikutnya;
  3. Tagihan Tambah Kuota adalah Tagihan yang diberikan Penyedia Layanan dan harus dibayar oleh User apabila User bermaksud menambah karyawan yang didaftarkan ke dalam aplikasi Smartwork. Apabila Perusahaan menambah karyawan di tengah periode (sebelum jatuh tempo) maka tagihan yang dikenakan untuk tambahan kuota tersebut adalah pro rata.

Data
Data adalah informasi-informasi penting yang harus diberikan oleh Perusahaan kepada Smartwork dalam formulir yang telah disediakan di mana setiap kebenaran informasi yang diberikan merupakan tanggung jawab User.

Kuota Personalia
Kuota Personalia adalah jumlah maksimal Karyawan yang didaftarkan oleh Perusahaan ke dalam akun Smartwork.

2. Persetujuan

Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:

  1. Anda telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi dan Ketentuan Biaya kami;
  2. Anda akan menggunakan dan/atau mengakses Situs, Layanan, Konten Pengguna Kami hanya untuk tujuan yang sah;
  3. Tidak ada materi apapun yang disampaikan melalui akun Anda atau yang diunggah atau dibagikan oleh Anda melalui Situs, Layanan, dan/atau intercom akan melanggar atau menyalahi hak pihak ketiga manapun, termasuk hak cipta, merek dagang, privasi, publisitas atau hak kepemilikan atau pribadi lainnya; atau mengandung fitnah, pencemaran nama baik atau materi yang melanggar hukum;
  4. Semua informasi yang Anda berikan kepada Penyedia Layanan (termasuk namun tidak terbatas pada informasi data pribadi dan kontak) adalah akurat dan lengkap;
  5. Penyedia Layanan berhak untuk mengubah, memodifikasi, menunda atau menghentikan semua atau sebagian dari Situs, Layanan atau aplikasi Smartwork setiap saat. Penyedia Layanan juga dapat menentukan batas pada fitur-fitur tertentu atau membatasi akses Anda berdasarkan keputusan internal Penyedia Layanan atau peraturan terkait dengan penyelenggaraan Layanan dan aplikasi Smartwork.
  6. Penyedia Layanan dari waktu ke waktu, tanpa memberikan alasan atau pemberitahuan apapun sebelumnya, dapat memperbarui, mengubah, menunda, menghentikan dan/atau mengakhiri semua konten pada situs dan/atau aplikasi Smartwork, secara keseluruhan atau sebagian, termasuk namun tidak terbatas pada desain, teks, gambar grafis, foto, gambar, citra, video, Aplikasi lunak, musk, suara dan file lain, tarif, biaya, kuotasi, data historis, grafik, statistik, artikel, informasi kontak kami, setiap informasi lain, dan pemilihan serta pengaturannya.

Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:

  1. Anda bertanggung jawab untuk membuat semua pengaturan yang diperlukan agar Anda memiliki akses ke Smartwork. Anda juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua orang yang mengakses Smartwork melalui koneksi internet Anda mengetahui dan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini serta ketentuan lain yang berlaku.
  2. Internet dapat mengalami gangguan, pemadaman transmisi, penundaan transmisi karena lalu lintas internet atau transmisi data yang salah sebagaimana hal-hal tersebut melekat pada internet yang bersifat terbuka bagi publik.
3. Penggunaan Layanan dan Aplikasi

Dengan Anda melanjutkan penggunaan atau pengaksesan Smartwork, berarti Anda telah menyatakan dan menjamin kepada kami bahwa:

Anda hanya diperkenankan untuk mengakses dan/atau menggunakan Smartwork untuk keperluan Perusahaan dan non-komersil, yang berarti bahwa Situs ini hanya boleh diakses dan digunakan secara langsung oleh Perusahaan yang sedang mencari produk atau Layanan untuk mengelola sumber daya manusia. Akses dan penggunaan Situs di luar keperluan Perusahaan atau non-komersil dilarang, dan melanggar Syarat dan Ketentuan ini.

Anda tidak diperkenankan menggunakan Smartwork untuk hal sebagai berikut:

  1. Untuk menyakiti, menyiksa, mempermalukan, memfitnah, mencemarkan nama baik, mengancam, mengintimidasi atau mengganggu orang atau bisnis lain, atau appaun yang melanggar privasi atau yang Penyedia Layanan anggap penuh kebencian, tidak senonoh, tidak patut, tidak pantas, atau diskriminatif;
  2. Dengan cara yang melawan hukum, menipu, atau tindakan komersil;
  3. Dengan melanggar atau menyalahi hak orang lain, termasuk tanpa terkecuali hak paten, merek dagang, hak cipta, rahasia dagang, publisitas, dan hak milik lainnya;
  4. Untuk membuat, memeriksa, memperbarui, mengubah atau memperbaiki database, rekaman, atau direktori Anda ataupun orang lain;
  5. Menggunakan kode komputer otomatis, proses atau sistem "screen scraping", program, robot, net crawler, spider, pemrosesan data, trawling atau kode komputer; dan/atau
  6. Melanggar Syarat dan Ketentuan, atau petunjuk lainnya yang ada pada Smartwork.

Penyedia Layanan tidak bertanggung jawab atas kehilangan akibat kegagalan dalam mengakses Smartwork atau metode penggunaan Smartwork yang di luar kendali kami.

Penyedia Layanan tidak bertanggung jawab atau dapat disalahkah atas kehilangan atau kerusakan yang di luar perkiraan saat Anda mengakses atau menggunakan Smartwork. Kehilangan termasuk kehilangan penghematan biaya yang diharapkan, kehilangan bisnis atau kesempatan bisnis, kehilangan pemasukan atau keuntungan, atau kehilangan atau kerusakan apapun yang Anda alami akibat penggunaan Smartwork.

4. Layanan Percobaan

Perusahaan dapat memperoleh uji coba akses penggunaan aplikasi Smartwork bebas biaya ("Layanan Percobaan") untuk maksimal selama 7 (tujuh) hari kalender. Layanan Percobaan diberikan kepada Perusahaan yang disetujui oleh Penyedia Layanan. Layanan Percobaan ini diberikan dengan maksud untuk membantu Perusahaan mengambil keputusan apakah akan menjadi User berlangganan Smartwork.

Selambat-lambatnya 2 (dua) hari sebelum jangka waktu Layanan Percobaan berakhir, Penyedia Layanan akan mengirimkan tagihan kepada Perusahaan sebagai bentuk penawaran kepada Perusahaan untuk menjadi User berlangganan. Apabila Perusahaan membayar tagihan tersebut, berarti Perusahaan telah setuju untuk menjadi User berlangganan Smartwork dan terikat pada Syarat dan Ketentuan ini.

5. Jangka Waktu Berlangganan

Perusahaan dapat berlangganan Smartwork untuk per 1 (satu) bulan, 6 (enam) bulan, atau 12 (dua belas) bulan.

Apabila Perusahaan ingin berlangganan Smartwork untuk jangka waktu lebih dari 6 (enam) bulan, maka Perusahaan dapat berkomunikasi dengan Penyedia Layanan melalui unit terkait untuk menuangkan kesepakatan berlangganan ke dalam Perjanjian Penggunaan Layanan. Perjanjian Penggunaan Layanan tersebut secara umum mengacu pada isi dalam Syarat dan Ketentuan ini dengan tidak menutup kemungkinan adanya kesepakatan-kesepakatan lebih spesifik lainnya.

6. Kewajiban User

Kewajiban Pembayaran Layanan

  1. Tagihan untuk Biaya Layanan Smartwork akan dibuat setiap bulan, mulai satu bulan dari tanggal User mulai berlangganan untuk Layanan Smartwork.
  2. Perusahaan wajib membayarkan seluruh biaya yang ditagihkan sesuai dengan jumlah Karyawan yang didaftarkan pada Smartwork dengan ketentuan mengenai biaya yang ada di Situs melalui bank yang ditunjuk oleh Smartwork.
  3. Skema pembayaran yang dapat dipilih oleh Perusahaan adalah;
    • Pembayaran setiap 1 (satu) bulan;
    • Pembayaran setiap 6 (enam) bulan; atau
    • Pembayaran setiap 12 (dua belas) bulan.
    • Untuk skema pembayaran 6 (enam) bulan atau 12 (dua belas) bulan, User dapat menandatangani Perjanjian Penggunaan Layanan dengan Penyedia Layanan.

Kewajiban User untuk menghormati Hak Kekayaan Intelektual Smartwork
Semua Hak Kekayaan Intelektual dalam Smartwork ini dimiliki oleh Penyedia Layanan. Semua informasi dan bahan, termasuk namun tidak terbatas pada, Aplikasi lunak, teks, data, grafik, citra, merek dagang, logo, ikon, kode html dan kode lainnya dalam Website ini dilarang untuk dipublikasikan, dimodifikasi, disalin, direproduksi, digandakan atau diubah dengan cara apa pun tanpa izin yang dinyatakan oleh Penyedia Layanan. Jika User melanggar hak-hak ini, Penyedia Layanan berhak untuk membuat gugatan perdata untuk jumlah keseluruhan kerusakan atau kerugian yang diderita. Pelanggaran-pelanggaran ini juga bisa merupakan tindak pidana sebagaimana diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ganti Rugi
User setuju untuk mengganti rugi Penyedia Layanan dan petugasnya terhadap semua kerugian, pajak, biaya, biaya hukum, dan kewajiban (saat ini, di masa yang akan datang, kontingensi, atau apapun yang berbasis ganti rugi), yang diderita oleh Penyedia Layanan sebagai hasil atau hubungan dari pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini atau dokumen terkait lainnya yang dilakukan oleh User dan/atau tindakan yang dilakukan oleh Penyedia Layanan ketika terjadi pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini atau dokumen terkait lainnya.

7. Penghentian Layanan

Penyedia Layanan dapat menghentikan pemberian Layanan dan akses Smartwork kepada User atau mengakhiri Perjanjian Penggunaan Layanan dengan User dengan alasan antara lain sebagai berikut:

  1. User tidak melakukan pembayaran Tagihan Perpanjangan;
  2. User melanggar sebagian atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini; dan/atau
  3. User melanggar sebagian atau seluruh dokumen yang berlaku lainnya.

User dapat menghentikan penggunaan Layanan dan aplikasi Smartwork dengan membuat surat penghentian Layanan yang ditujukan kepada Smartwork pada alamat:

Apabila setelah jangka waktu penggunaan Smartwork berakhir User masih memiliki dana yang tersimpan pada Akun User, maka dana tersebut akan dikembalikan selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari Kerja setelah tanggal berakhirnya jangka waktu penggunaan Smartwork.

Apabila User memiliki dana yang tersimpan pada akun Smartwork setelah User menghentikan penggunaan Smartwork atau User mengakhiri Perjanjian Penggunaan Layanan atau Layanan diberhentikan oleh Penyedia Layanan atas alasan-alasan di Bagian VII. 1, maka User tidak akan memperoleh kembali Deposit tersebut (no-refund).

8. Perjanjian Tingkat Layanan

Smartwork memberikan jaminan sehubungan dengan reliabilitas sistem untuk 99,5 % untuk setiap bulan kalender.

Sistem mengalami kegagalan tidak menjadi tanggung jawab Penyedia Layanan apabila kegagalan sistem tersebut disebabkan oleh:

  1. penggunaan Layanan oleh User dengan cara yang tidak diizinkan dalam Syarat dan Ketentuan atau Perjanjian Penggunaan Layanan yang berlaku;
  2. masalah internet umum, kejadian force majeure atau faktor lain di luar kendali Penyedia Layanan;
  3. kegagalan atau malfungsi pada peralatan User termasuk namun tidak terbatas pada Aplikasi lunak, koneksi jaringan atau infrastruktur lainnya; atau
  4. kegagalan atau malfungsi sistem, tindakan atau kelalaian pihak ketiga; atau pemeliharaan terjadwal atau perawatan darurat yang wajar.

User menghubungi Penyedia Layanan untuk memperoleh bantuan penggunaan Smartwork hanya melalui layanan chat intercom yang tersedia pada Situs di Waktu Kerja.

9. Hubungan dengan Pihak Ketiga

Penyedia Layanan tidak akan memberikan Data User kepada pihak ketiga kecuali diwajibkan oleh hukum dan/atau atas perintah peraturan perundang-undangan atau lembaga pemerintah, atau atas persetujuan User.
Smartwork tidak bertanggung jawab atas Layanan pihak ketiga yang bermitra dengan Smartwork.
Seluruh resiko yang terjadi apabila diakibatkan oleh Layanan pihak ketiga yang bermitra dengan Smartwork merupakan tanggung jawab pihak ketiga.

10. Transmisi Elektronik

Syarat dan Ketentuan ini, dan setiap amandemennya, dengan cara apa pun yang diterima, harus diperlakukan sebagai kontrak sebagaimana mestinya dan harus dianggap memiliki akibat hukum yang mengikat sama seperti versi asli yang ditandatangani secara langsung.

11. Force Majure

Dalam hal ini apabila Smartwork tidak dapat melaksanakan kewajiban baik sebagian maupun seluruhnya yang diakibatkan oleh hal-hal diluar kekuasaan atau kemampuan Smartwork, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, adanya larangan pemerintah yang tidak memperbolehkan Smartwork untuk beroperasi dibawah jurisdiksi hukum Indonesia, serta kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa diluar kekuasaan atau kemampuan Smartwork, maka dengan ini User membebaskan Smartwork dalam segala macam tuntutan dalam bentuk apapun terkait dengan hal kondisi tersebut dimana Penyedia Layanan tidak dapat melakukan kewajibannya baik sebagian maupun keseluruhan.

12. Penyelesaian Sengketa

Dalam hal terjadi sengketa atau perselisihan yang timbul dari atau sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini, Penyedia Layanan dan Perusahaan melakukan pembahasan dengan itikad baik untuk mencapai penyelesaian berdasarkan kesepakatan bersama dalam waktu 30 (tiga puluh) Hari Kerja sejak tanggal pemberitahuan perselisihan. Namun, jika perselisihan tersebut tidak dapat diselesaikan melalui musyawarah dalam waktu 30 (tiga puluh) Hari Kerja, maka sengketa atau perselisihan tersebut akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Syarat dan Ketentuan ini menggunakan hukum atau jurisdiksi negara Republik Indonesia.

13. Ketentuan Lain-Lain
Disclaimer
  1. Smartwork dalam hal ini tidak bertanggung jawab terhadap segala macam bentuk kelalaian yang dilakukan oleh User.
  2. Dengan menggunakan Layanan Smartwork, User secara otomatis mengikuti sistem yang terdapat pada fitur-fitur Layanan Smartwork.
  3. User bertanggung jawab untuk memastikan kebenaran, keabsahan dan kejelasan dokumen-dokumen untuk pendaftaran Smartwork, dan dengan ini User membebaskan Smartwork dari segala gugatan, tuntutan dan atau ganti rugi dari pihak manapun sehubungan dengan ketidakbenaran informasi, Data, keterangan, kewenangan dan atau kuasa yang diberikan oleh User.

Perubahan
Dengan memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada User, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, User dengan ini setuju bahwa setiap saat Smartwork berhak mengubah maupun memperbaiki, menambah atau mengurangi ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan terikat pada seluruh perubahan yang dilakukan oleh Smartwork.

Komunikasi
User dapat menghubungi pihak Smartwork melalui:

14. Dokumen yang Berlaku

Sebagai tambahan dari Syarat dan Ketentuan ini, hal-hal berikut juga berlaku terhadap penggunaan Layanan dan aplikasi Smartwork oleh User;

  1. Kebijakan Privasi, yang menetapkan ketentuan-ketentuan yang berlaku ketika Penyedia Layanan mengolah setiap Data yang dikumpulkan dari User, atau yang User berikan kepada Penyedia Layanan. Dengan menggunakan Smartwork, Anda setuju dengan pengumpulan, penggunaan, pengungkapan Data Anda dan Anda menjamin bahwa semua Data yang Anda berikat adalah akurat;
  2. Perjanjian Penggunaan Layanan, yang berlaku untuk User atas penggunaan Layanan dan aplikasi Smartwork untuk jangka waktu di atas 6 (enam) bulan.
  3. Perjanjian Pengguna Akhir.

Apabila terdapat perbedaan pada Syarat dan Ketentuan ini dengan Perjanjian Penggunaan Layanan, maka ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan inilah yang berlaku.

Dengan menggunakan Smartwork, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca, memahami, dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.

Perubahan kecil seperti absensi, berdampak besar bagi perusahaan

WhatsApp Hubungi sales